Rabu, 05 Juni 2013


5 Juni 2013

MENGGAPAI BINTANG (ii)

Dalam setiap langkah
Pasang surutnya semangat dan niat
Luruh dan hanyut terhimpit keadaan
Kesempatan di hadapan, menantang
Karena, belum tentu datang untuk kedua kalinya
Siapkan sayap yang ada
Dan...terbanglah...menggapai bintang
Sekecil apapun bintang itu

            Rencana hari ini adalah datang ke penerbit “BP” di Bantul. Aku dah siapin tema yang mungkin bisa diajukan untuk bahan tulisan nantinya. Dengan semangat “45” aku pun melaju ke bantul dengan menyimpan segudang asa di hati.
Akhirnya, ketemu juga alamat yang aku cari meskipun tadi sempat nyasar dua kali...tengsin...!.
            “Mbak umi salamah..ya...!”, Owner Penerbit “BP” menyapa dengan begitu ramahnya. Nyeeeessss.....! mengurangi nervous yang menimpa diriku.
“Iyaa....!”, aku,.. kle...klep...miskin kosakata pada saat itu. Ternyata, sudah disiapkan berpuluh-puluh tema yang harus dipilih dan itu diluar bayanganku sebelumnya. Akhirnya aku memilih satu tema diantara tema-tema yang belum dipilih oleh penulis lainnya.
            “Saya memilih tema ini aja..! Doa dan Amalan Praktis untuk Muslimah !”, saya positif memilih tema itu.
“Ya, tolong tulis nama dan alamat e-mail disamping tema tersebut...ya..!”, Owner penerbit “BP” menyodorkan kembali formulir daftar tema yang di tangannya.
 “Nanti itu berisi kumpulan doa yang otomatis pake huruf arab...dan di kasih penjelasan dengan kata-kata dan bahasa dari penulisnya !”, beliau menjelaskan lagi.
“ya...!”, saya mengangguk-angguk sok ngerti dan kelihatan mudah aja...hee...hheee...ke-PD-an.
Akhirnya aku berpamitan pulang dengan membawa se-gudang kebingung dan se-kontainer kecemasan. Maklumlah, masih awam dan miskin ilmu dalam dunia penulisan buku meskipun pekerjaan saya adalah selalu dekat dengan buku-buku di perpustakaan yaitu sebagai ahli muda perpustakaan sekolah yang tugasnya mengolah fisik buku dan menentukan subyeknya, menyimpan dan memeliharanya dan menemukan kembali buku yang di perlukan dengan benar...cepat....dan...tepat.
            Ku awali babak baru dalam menulis dengan...bismillah..!  Dalam 2 minggu pertama...hadeewwcchhh....lambat dalam mengetik huruf arabnya. Soal penjelasannya dengan kata-kata sendiri, tak begitu menjadi masalah karena mengalir begitu saja antara jari di keyboard dengan apa yang ada di pikiran.
“Sampai kapan selesainya kalau lemot begini...!”, Aku mulai putus asa.
“Ya Allah...! jangan biarkan aku berhenti ditengah jalan....kalah di awal peperangan....tersungkur ketika memulai berjalan....! beri aku kekuatan...kelapangan...kemudahan...Petunjuk-Mu dan Keridhoan-Mu...agar aku bisa melewatinya dengan kemenangan”, doaku disetiap sholatku.
            Perjuangan yang tak mudah kurasakan setiap harinya karena harus disiplin dalam waktu. “Ikhtiar...ma jada wa jada...!”, aku sematkan niat, semangat dan ke-serius-an di hatiku.
“Apa pun hasilnya...ini akan menjadi ibrah untuk diriku !”, tekadku kembali tumbuh. Alhasil...saya dah mulai cepet mengetik huruf arabnya, bahkan tanpa bantuan arabic keypad  di monitor karena dah mulai hapal letak huruf arab di keyboard.
“Lumayan....tidak menyita waktu...!”, aku berkata dalam hati.
 Dengan referensi dari buku-buku yang subyeknya sama, access dari internet dan sharing sama owner penerbit serta editornya...semua terasa lancar dan mudah. Alhamdulillah !. Itu semua atas izin Allah SWT.
                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar