Jumat, 07 Juni 2013

AKU INGIN LIHAT CAKRAWALA


7 Juni 2013 
                                         
AKU INGIN LIHAT CAKRAWALA

Aku bukan merpati
Dalam sangkar perakmu, mama
Ku dapat liat ke luar
Tak mampu kakiku menjangkaunya
Ku berkomunikasi dengan publik
Tak berkesempatan berjabatan tangan
Please, beri aku kesempatan
Menapaki cakrawala di luar sana
                                               
         “Cepetan pulang, dah hampir jam tiga kok belum nyampe rumah. Awas...ngeluyur..!”, suara mama di telpon. “Iya...ini lagi di bengkel...ban depan bocor...!”, suara Wena kedengaran lemes. “Bener lho...di mana ?”, nada bicara agak tak percaya. “Ih...mama, nih ! sini...susul saya depan Nafamart..!”. Wena menutup telponnya. Airmatanya berlinang.
“Udah, dech ! jangan nangis gitu...malu tau di liatin orang !”, Saskia yang dari tadi duduk disampingnya memegang lengan Wena.
         “Sebel..abisss...mama tuh, aku kan dah es-em-a...masih ada diperlakukan seperti anak es-de.....!”, Wena cemberut.
“Dah selesai, mbak !”, suara tukang bengkel mengagetkan percakapan kedua anak SMA tersebut.
“Ya..udah...! aku pulang dulu...nenek lampir keburu ngamuk...!”, Wenda pamitan. “Huuussss....!”. Keduanya tertawa. Mereka menuju metic masing-masing dan melaju pulang.
           Setelah makan malam, Wenda menonton acara TV favoritnya. “Belajar dulu, baru liat TV...!”, mamanya Wenda ngingetin anak semata wayangnya tuk belajar.
“Mama, nih ! hari ini aku boring...! lagian besok tak ada ulangan dan tak ada pe...er...!”.
“santai dikit kenapa, sih !”, Wenda beranjak dari ruang keluarga. Mamanya hanya tersenyum dan mengambil remote TV, stand by pada sinetron.
          Di kamar, Wenda tidak belajar. Ia sedang FB-an ama temen-temen. Ia melirik pintu yang tertutup.... aman !.
“Malam, guys...! perlu obat sakit boring..apa ya..?”, Wenda mengawali tulisan di statusnya.
“Liat sule...hhheee...hhheee...!”, Centa berkomentar.
“Yang ada..sullleeeiiit....lihat te...ve...! Biasa..mamaku mo liat sinetron....berkedok dengan nyuruh aku belajar..!.
“Wwkkkwkkkwkk...!”, balas Centa.
“Ya gitu...laaacchh...! menang jadi orangtua...!”, Wenda membalas.
           Duukk...duukk...duukkk...ada suara langkah kaki mendekati pintu kamar. Wenda segera meraih buku di sampingnya...pura-pura membaca. Mamanya membuka pintu 35 derajat, melongok ke dalam kamar dan pergi setelah menutup kembali pintu kamar Wenda.
         “Makanya....jadi orangtua gak percayaan amat ...ama anak..!. Sorry..maaamm...kalo aku jadi bohongin..mama..!”, Wenda berbicara sendiri dengan lirih. Ia ingin seperti anak seusianya yang bisa maen...jalan-jalan...atau setidaknya jajan makanan favorit smbil ngobrol sama-sama temen. Wenda berharap penuh kepada mamanya agar suatu saat memberi kebebasan yang bisa dipertanggungjawabkan....tidak sekedar hura-hura.                                           

                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar